PEMBAHARUAN

............ Bagi siswa siswa kelas X, kata sandi telah diperbaharui pada 8-4-2016, yang mau posting di Blog SMK Bukateja (Blog siswa) harap menghubungi nomor : 081391031086

Rabu, 13 April 2016

JENDRAL SOEDIRMAN PAHLAWAN NASIONAL DARI PURBALINGGA


Jendral Soedirman lahir pada tanggal 26 Januari 2016, di Rembang Purbalingga. Ayahnya bernama Karsid Kartowirodji dan Ibunya bernama Siyem.
Kisah ain berawal dari Belanda yanag menghiantai Indonesia dengan menyatakan sudah tidak terikat dengan perjanjian Renville  secara sepihak.Saat itu Jendral Soedirman terpilih sebagai Panglima Besar.Beliau mendapatkan berita bahwa Presiden Presiden Soekarno ditahan oleh Belanda di asingkan ke Pulau Bangka.Beliau menemui Sri Sultan Hamengkubuwono IX untuk meminta izin kepada sang istri untuk bergerilya.Sri Sultan Hamnekubuwono IX mengizinkannya karena itu sudah menjadi keputusan Jendral Soedirman.Sri Sultan Hamengkubuwono IX tidak bisa melarang Jendral Soedirman, Jendral Soedirman mempunyai istri dan 4 orang anak. Beliau meminta izin kepada istrinya untuk bergerilya, sang istri memberikan seseuatu untuk Jendral Soedirman yaitu berupa perhiasaan. Kawasaan Yogyakarta pada saat itu diserang oleh Belanda dengan menjatuhkan bom dimana-mana. Jendral Soedirman bergirlya karena ingin menunjukan kepada dunia bahwa TNI masih ada dan akan terus berjuangan mempertahankan kedaulatannya.Beliau bergerilya bersama kelompok kecil yang melakukan perjalanan ke arah selatan dan memulai perang gerilya selama 7 bulan.Saat itu Jendral Soedirman sedang sakit berat yaitu paru-paru sebelah terluka. Disana juga para pasukan Belanda juga menjatuhkan bom dimana-mana. Pasukan Jendral Soedirman mencari tempat perlindungan yang aman. Mereka pergi ke hutan, ada beberapa orang yang membawa tandu untuk Jendral Soedirman namun beliau menolak karena beliau tidak ingin di perlakukan seperti raja. Sebelum beliau menyelesaikan perang Gerilya beliau sudah di panggil oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX untuk kembali ke Yogyakarta.

NAMA  : 1. EKA MELINA ( 11 )

                2. ROBIATUN ( 28 )
KELAS : X MULTIMEDIA 2

         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar